Yonif 112/Raider


Batalyon Infanteri 112/Dharma Jaya (Yonif 112/DJ) adalah salah batalyon infanteri yang berada dibawah komando Korem 012/Teuku Umar, Kodam Iskandar Muda. Yonif ini didirikan pada 12 Juli 1954. Yonif 112/Dharma Jaya bermarkas di Japakeh, Banda Aceh. Sekitar 7 Km dari pusat Kota Banda Aceh. Yonif ini menggunakan logo Beruang Hitam, yang artinya setia-berani-tangkas.
Yonif 112/DJ saat ini memiliki 1 Kompi Markas, 5 Kompi Senapan dan 1 Kompi Bantuan. Jumlah personel Batalyon sekitar 1200 orang, dimana Batalyon ini memang disiapkan sebagai Satuan Reaksi Cepat untuk kepentingan Pertahanan kedaulatan NKRI di wilayah NAD. Oleh karenanya Yonif 112/DJ telah teruji di dalam berbagai tugas operasi, khususnya di Aceh, NAD. Yonif 112/DJ memiliki kemampuan Raiders, Mobile udara, pendaratan pantai, Intelpur dan Pertempuran Tim Batalyon.
Prestasi yang berhasil diraih dalam kurun waktu 5 tahun terakhir adalah membebaskan Pulo Aceh Komplek dari cengkraman bajak laut GAM (2003), menghancurkan Base Camp GAM di wilayah Aceh Besar (Kotabaro, Lhoong, Lampuuk, Nagaumbang, indrapuri), Aceh Barat dan Aceh utara (Nisam) (2003-2004).
Dimasa damai pasca konflik Aceh seperti sekarang ini, Yonif 112/DJ terlibat dalam berbagai kegiatan mendukung kebijakan pemerintah dan Pemda NAD untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan akibat konflik dan bencana tsunami. Yonif 112/DJ terlibat dalam berbagai bhakti TNI diseluruh NAD dalam upaya aktif turut serta mensejahterakan rakyat.

Mars DHARMA JAYA
Kami warga dharma jaya dari rumpun iskandar muda corps infanteri yang perkasa Bhayangkari negara
Beruang hitam lambang kami
selalu siap sedia berbakti
esa hidup kedua mati
demi ibu pertiwi

siapa berani menentang kami
tak gentar untuk berperang
semangat baja menempa kami
selalu siap berjuang


BERITA

Mayor Inf Mochamad Arif Hidayat, jabat Danyonif 112/Raider
Pangdam IM Pimpin Sertijab Danyonif 112/Raider
Friday, 04 November 2011-
Pangdam IM Mayjen TNI Adi Mulyono memimpin upacara serah terima Jabatan Danyonif 112/Raider dari Letkol Novi Helmy Prasetya Kepada Mayor Inf Mochamad Arif Hidayat di lapangan upacara Makodam IM, Jumat (14/11).
Hadir pada upacara tersebut para Danrem, Danrindam para Pa Ahli, Para Asisten, LO TNI AL, LO TNI AU, dan para Kabalak Kodam IM serta Ketua Persit KCK PD IM beserta pengurusnya, dengan peserta upacara perwakilan dari Pa,Ba,Ta dan PNS Kodam IM.
Batalyon ini merupakan sebagai satuan pemukul Kodam IM dengan tugas pokok membina kesiapan dan kesiapsiagaan satuan agar dapat digerakan setiap saat guna menanggulangi setiap bentuk ancaman terhadap integritas dan kedaulatan NKRI khususnya wilayah Kodam IM.
Pangdam IM mengharapkan kepada Danyonif yang baru agar terus membina kedisiplinan, memelihara keamanan baik materil dan personel, serta melanjutkan pembangunan pangkalan sebagai upaya untuk mempertinggi  moril anggota dan dapat meningkatkan Binter Terbatas agar prajurit mengenal lingkungan serta kehidupan masyarakat di sekitar pangkalan sehingga akan tercipta komunikasi yang harmonis dengan masyarakat sekitarnya.
Acara ini dilanjutkan serah terima Ketua Persit Yonif 112/Raider oleh Ibu Nunik Adi Mulyono  diruang TMMD Makodam dan ramah-tamah di BTU Makodam IM.