Yonif 700/Raider


Batalyon Infanteri 700/Raider Kodam VII/Wirabuana adalah sebuah pasukan elit infanteri lintas udara Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang membawahi seluruh wilayah Sulawesi.

Sejarah
Cikal bakal sejarah Yonif Linud 700 pada masa tahun 1952 sampai 1967, bermula dari peristiwa-peristiwa di Sulawesi Selatan. Akibatnya, Batalyon Infanteri 720/Wolter Monginsidi yang berkedudukan di Makale, Tator di bawah pimpinan Kapten Andi Sose mendapat kepercayaan untuk menyelesaikan setiap gejolak yang ada di wilayah Sulawesi.
Dari batalyon ini melahirkan empat Kompi, yang salah satu kompinya dipimpin Lettu MP Frans Karangan, diresmikan menjadi Batalyon R, yang menjadi cikal bakal lahirnya Batalyon 758 ROI II tahun 1958. Dari sini, disusun sebagai Batalyon Inti dalam rangka pembentukan satu Batalyon RIT (Raider Indonesia Timur), yang menjadi Batalyon 700/RIT, tanggal 20 Maret 1963.
Pada tahun 1967, batalyon ini kembali disahkan sebagai Batalyon yang menggunakan TAP 53-50 (ROI 64). Dan SK Menteri Pangab nomor Kep/966/8/1967 tanggal 17 Agustus 1967 yang menyatakan 28 Maret 1967 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 700. Angka 28 ini, diambil dari jumlah "Tali Parasut" yang digunakan untuk terjun pasukan Batalyon 700/RIT. Tanggal 29 Oktober 1970, Batalyon 700/Linud mengalami perubahan nama menjadi "Batalyon Linud 700". Kemudian, tanggal 25 Februari 1985, berubah "Yonif 700" dengan tugas pokok sebagai "Satuan Pemukul Kodam XIV Hasanuddin". Tahun 1986 nama "Yonif 700" berubah menjadi "Yonif Linud 700/BS". Status ini tetap hingga terjadi pembekuan sejumlah Kodam, dan Kodam VII Wirabuana yang dari gabungan Kodam XIV Hasanuddin dengan Kodam XIII Merdeka. Dan tahun 2003, berubah lagi menjadi Yonif 700/Raider Kodam VII Wirabuana.


BERITA

Letkol Inf Yanuar Yusvi Herminto, jabat Danyonif 700/Raider
Sertijab Danyonif 700/Raider
5 Maret 2009-
Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Djoko Susilo Utomo melantik Letkol Inf Yanuar Yusvi Herminto sebagai Danyonif 700/Raider yang baru menggantikan Letkol Inf Saiful Anwar pada acara serah terima jabatan Komandan Batalyon 700/Raider yang berlangsung di lapangan Upacara Mayonif 700/R, Kamis (5/3). Acara tersebut dihadiri oleh Irdam VII/Wrb, para Asisten Kasdam VII/Wrb, para Kabalak dan Komandan Satuan se-Garnisun Makassar. Turut hadir pada acara tersebut Kapolwiltabes Makassar.

Pejabat lama Letkol Inf Saiful Anwar yang menjabat Danyonif 700/Raider selama 2 tahun 4 bulan ini akan mendapat tugas yang baru sebagai Dandim 1408/BS menggantikan Letkol Inf Marga Taufik. Sedangkan Letkol Inf Yanuar Yusvi Hermanto sebelumnya menjabat sebagai Kasi Intel Korem 163/Wirasakti Kodam IX/Udayana. Pangdam VII/Wrb dalam sambutannya mengatakan pergantian pejabat ini bukan hanya sebagai prosesi pergantian personel semata, akan tetapi lebih bermakna substansial, yakni suatu proses kesinambungan pembinaan personel dan pembinaan satuan. Oleh sebab itu, tugas bagi perwira adalah segala-galanya, karena tugas itu adalah kepercayaan, kehormatan, kebanggaan sekaligus harga diri bagi perwira itu sendiri. Lebih lanjut Pangdam mengatakan, Yonif 700/Raider sebagai satu-satunya batalyon dalam jajaran Kodam VII/Wirabuana yang telah memiliki kemampuan Raid, mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun kekuatan dan kemampuan Kodam VII/Wirabuana. “Untuk itu diharapkan kepada Danyonif yang baru mampu mengemban kepercayaan dan amanah ini dengan rasa penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi serta dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,“ tegas Mayjen TNI Djoko. Serangkaian dengan serah terima jabatan Danyonif 700/R juga dilaksanakan serah terima Ketua Persit Cabang LI dari Ny. Saiful Anwar kepada Ny. Yanuar Yusvi Hermanto disaksikan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VII/Wirabuana Ny. Umi Djoko S. Utomo dan Wakil Ketua Persit KCK serta pengurus daerah lainnya. Usai pelaksanaan serah terima jabatan Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Djoko Susilo Utomo menyaksikan demonstrasi beladiri merpati putih dilanjutkan dengan peresmian mesjid Istiqwan bertempat di Mayonif 700/Raider. (tni)