Yonif 143


Batalyon Infanteri 143
Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya atau Yonif 142/TWEJ merupakan Batalyon Infanteri yang berada dibawah komando Korem 043, Kodam II/Sriwijaya. Batalyon ini dibentuk pada 16 April 1958. Markas Batalyon berkedudukan di Natar, Kabupaten Lampung Selatan, dengan Kompi Senapan A berada di Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Kompi Senapan B berada di Cimeng Bandar Lampung, sedangkan Kompi Senapan C berada di Candimas, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.
Sumber, http://id.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Infanteri_143


BERITA

Letkol Inf Yana Susana, jabat Danyonif 143
DANREM 043/GATAM MEMIMPIN SERTIJAB DANYONIF 143/TRI WIRA EKA JAYA
29 Oktober 2011-
Penandatanganan naskah serah terima jabatan Komandan Batalyon 143/TWEJ di depan Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Joni Supriyanto

Sabtu (29/10) Sekitar pukul 09.00 Wib Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Joni Supriyanto memimpin acara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya dari Letkol Inf Dodi Heradi kepada Letkol Inf Yana Susana di Lapangan Upacara Mako Yonif 143/TWEJ Jalan Raya Natar Candimas Lampung Selatan.
Hadir dalam acara serah terima ini Para Dandim jajaran Korem 043/Gatam, Danlanud ATK Letkol Nav Insan Nanjaya SH, Para Kasi/Pasi Rem 043/Gatam, Para Kapolres Jajaran Polda Lampung, Para Unsur Forkopimda Kab. Lampung Selatan, Para Dan/Ka Satbalak Rem 043/Gatam, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 043 PD II Sriwijaya beserta jajarannya serta para prajurit TNI jajaran Rem 043/Gatam.
Dalam kesempatan tersebut Danrem 043/Gatam menyampaikan amanat yang intinya antara lain bahwa pergantian dan alih tugas jabatan di lingkungan satuan TNI AD  khususnya   Korem 043/Garuda Hitam merupakan prinsip pembinaan personel yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan guna mengembangkan kemampuan perwira dalam memimpin dan meningkatkan profesionalisme prajurit sesuai dengan amanah UU TNI   Nomor 34 Tahun 2004.
Dengan telah dilaksanakannya prosesi Serah terima Komandan Batalyon Infanteri 143/ Tri Wira Eka Jaya, Komandan Korem 043/Garuda Hitam, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada Letnan Kolonel  Inf  Dody  Herardi  beserta  istri  atas pelaksanaan tugas, loyalitas  dan dedikasi serta tanggung  jawabnya selama ini dalam  membina  dan  memimpin Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya.
Kepada Letnan Kolonel Inf Yana Susana beserta istri, agar terus membina dan memimpin Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya, dengan harapan semoga dimasa mendatang  kualitas dan peran prajurit Batalyon Infanteri 43/Tri Wira Eka Jaya dapat ditingkatkan selaras dengan tuntutan dinamika perkembangan dan tantangan tugas satuan yang semakin berat. Keberhasilan tugas yang telah diraih selama ini hendaknya tetap dijaga dan dipelihara bahkan lebih ditingkatkan kembali, agar Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya ini, tetap memiliki kemampuan dan daya tempur yang tinggi dalam menghadapi setiap bentuk ancaman, gangguan dan tantangan dari manapun datangnya, dalam menjaga keutuhan NKRI serta lebih dicintai oleh rakyat khususnya wilayah Provinsi Lampung.Jadikan pengalaman tugas di satuan lama sebagai bekal dalam membina dan memimpin Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya melaksanakan tugas pokoknya. Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya merupakan satuan tempur di bawah kendali  Korem 043/Garuda Hitam, disamping melaksanakan tugasnya sebagai Satuan Tempur untuk melaksanakan Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang, juga merupakan Satuan Pembina Teritorial walaupun secara terbatas, guna melaksanakan tugas pokok Korem  043/Gatam  dalam menjaga stabilitaskeamanan di wilayah Provinsi Lampung. Guna melaksanakan tugas dan peran tersebut segenap prajurit Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan melalui berbagai tingkat latihan yang dapat tercermin hasilnya dari kesiapsiagaan satuan untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut. Oleh karena itu penyelenggaraan dan pembinaan latihan baik berupa teknik dan taktik bertempur serta profesionalisme prajurit dalam ber-Olah Yudha harus ditingkatkan dengan cara bertahap, bertingkat dan berlanjut  sesuai Program Kerja yang telah digariskan dari Komando Atas. Dalam menyampaikan amanatnya Danrem 043/Gatam memberikan penekanan karena acara serah terima jabatan ini sangat istimewa, disebabkan jabatan Danyon merupakan jabatan yang sangat prestice di lingkungan Angkatan Darat karena akan memimpin pasukan pemukul dalam jajaran Korem 043/Gatam. jadi siapapun yang akan duduk dalam jabatan ini merupakan orang-orang pilihan serta cakap dalam memimpin pasukan tempur. Siangnya kurang lebih pkl. 14.00 Wib bertempat di Aula A Yani Makorem 043/Gatam di adakan acara tradisi pelepasan pejabat lama yang selanjutnya akan menduduki jabatan Komandan Kodim 0418/Palembang Korem 044/Gapo dan penerimaan pejabat baru dalam jajaran Korem 043/Gatam. Tradisi ini dilaksanakan agar terbentuk sikap loyal yang tinggi terhadap satuan dan jabatan baru.