Yonif 201


Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha atau Yonifmek 201/JY merupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berada dibawah Komando dari Brigif 1/Jaya Sakti, Kodam Jaya. Markas batalyon berkedudukan di Jalan Raya Bogor KM 26 Gandaria, Jakarta Timur.
Tugas pokok dari batalyon ini adalah untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat di darat dengan menggunakan kendaraan tempur angkut lapis baja guna mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh serta merebut, menguasai dan mempertahankan medan baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok Brigade Infanteri ataupun Komando Utama (Kotama).

Sejarah
Berdiri pada 28 Agustus 1961, berdasarkan SK Pangdam V Jaya tanggal 10 Mei 1965, No KPTS-76-3/V/1965, Batalyon Infanteri 200/Jaya Yudha berubah menjadi Batalyon Infanteri 200/Jaya Yudha Brigif-1/Jaya Sakti Dam V/Jaya dan masuk dalam Brigif 1/Jaya Sakti. Selanjutnya, Batalyon Infanteri 201/Jaya Yudha telah diregrup menjadi Batalyon Infanteri TOP-ROI 73 dengan kekuatan sebanyak 736 orang. Pada 17 Februari 2010, Yonif 201/JY diubah statusnya menjadi Yonif Mekanis 201/JY, diresmikan oleh KSAD Jenderal TNI George Toisutta. Satuan infanteri ini dilengkapi Kendaraan Tempur (Ranpur) 6X6 jenis Panser Anoa buatan PT. Pindad.
sumber, https://id.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Infanteri_Mekanis_201

BERITA

Letkol Inf Muhammad Arfah, jabat Danyonif Mekanis 201/Jaya Yudha
Komandan Brigif-1 Pimpin Sertijab
20 Mei 2010-
Komandan Brigade Infanteri 1/Pengamanan Ibukota/Jaya Sakti, Letnan Kolonel Inf Benny Susianto, S,IP bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha Brigif 1 PIK/JS Kodam Jaya, dari Letkol Inf Muhamad Muchidin kepada Letkol Inf Muhamad Arfah, di lapangan upacara Markas Batalyon Infanteri 201/Jaya Yudha Brigif 1 PIK/JS Kodam Jaya,  Jalan Raya Bogor Km 28 Gandaria, Jakarta Timur, Kamis (20/5). Upacara serah terima Jabatan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha tersebut dihadiri oleh Danrindam Jaya Kolonel Inf Muslimin Akib, Kabalak jajaran Kodam Jaya, para Dandim jajaran Kodam Jaya, para Danyon jajaran Brigif 1 PIK/JS, para Dansat jajaran Kodam Jaya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XI Brigif 1 beserta para pengurus, dihadiri pula oleh para pejabat Pemerintah Daerah Jakarta Timur, para pejabat Polres Metro Jakarta Timur, Tokoh masyarakat, Agama dan Pemuda wilayah Jakarta Timur. Letnan Kolonel Inf Muhamad Muchidin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 yang selanjutnya ditugaskan sebagai Dansecaba Rindam Jaya dan penggantinya adalah Letnan Kolonel Inf Muhamad Arfah adalah lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Ops Korem  173/PVB Kodam XVII/Cendrawasih.
Dalam amanatnya, Danbrigif 1/Pengamanan Ibukota menyampaikan bahwa, alih tugas jabatan dijajaran TNI Angkatan Darat seperti pergantian jabatan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha yang kita laksanakan sekarang ini, merupakan bagian dari salah satu pola pembinaan karir dan peningkatan kualitas profesionalisme perwira, khususnya dimensi kepemimpinan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi.
Melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman bagi perwira yang bersangkutan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi serta penyelesaian yang terbaik. Danbrigif 1 menekankan pula bahwa keberhasilan pembinaan satuan tidak datang bergitu saja, akan tetapi merupakan suatu upaya keras melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengawasan serta pengendalian yang baik dari unsur Komandan mulai Danru sampai dengan Danyon. “Satukan misi dan persepsi seluruh prajurit dalam melaksanakan setiap tugas, kita yakin Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha akan menjadi satuan yang disegani dan menjadi kebanggaan Kodam Jaya.” (pendam jaya/syamsir)