Yonif 321


Batalyon Infanteri 321
SEJARAH BATALYON INFANTERI 321 / GALUH TARUNA

Sebagai tonggak sejarah Kesatuan Yonif 321/13/1 Kostrad di mulai sejak tanggal 19 April 1950 di Timur Kupang, yaitu dengan adanya reorganisasi Yon "AA" Brigade 12 Divisi Siliwangi menjadi Brigade "K" yang kemudian berubah menjadi Yon Siliwangi Kompi C. Pada tanggal 26 Oktober 1959 mengalami perubahan menjadi Yon 710 bertempat di Pangandaran Ciamis yang akhirnya menjadi Yonif 321/13/1 Kostrad di
Majalengka sampai sekarang.

ARTI DAN MAKNA LAMBANG KESATUAN

1. Nama Lambang Kesatuan.

Adalah "GALUH TARUNA". Nama ini diambil dari putra Raja Kerajaan Galuh yang ada pada tahun 1333 Masehi di daerah Priangan Timur Jawa Barat. Pengambilan nama ini di maksudkan untuk dijadikan teladan oleh seluruh Prajurit 321/13/1 Kostrad tentang sifat kepahlawanan putra Raja tersebut dalam membela Negaranya termasuk keluhuran dalam menghadapi setiap tugas yang dibebankan kepadanya.

2. Bentuk Lambang Kesatuan.

a. Tunggul.

1) Bentuk Tunggul Yonif 321/13/1 Kostrad adalah empat persegi panjang ukuran 58 x 42 cm, di buat dari bahan beludru hijau tua dilengkapi jumbai yang panjangnya 5cm.

2) Pada bagian muka sebelah kanan di lukiskan Pataka Kostrad sebagai induk Kotama.

3) Pada bagian sebelah kiri di lukiskan Tunggul Yonif 321/13/1Kostrad dengan susunan segi tiga lis merah sebelah luar dan sebelah dalam dasar kuning serta sebuah keris dengan nama "SI BETOK" tulisan GALUH pada bagian atas dan Galuh Taruna pada bagian bawah.

4) Keris melambangkan NGAGANCANG (menguasai sepenuhnya buana pancatengah) atau dengan kata lain " menguasai seluruh wilayah Negara".

b. Mahkota dan Tiang Tunggul Yonif 321/13/1 Kostrad menggunakan mahkota tiang ,sama dengan Mahkota tiang Pataka Kostrad yang terdiri dari :

1) Bintang bersudut lima.
2) Burung raksasa dengan sayap melebar melambangkan Garuda Yaksa dan menggenggam senjata " CAKRA AGNI ".
3) Bunga teratai mekar berdaun tujuh belas.
4) Lingkaran lima buah.
5) Tiang dari kayu jati.

3. Arti lambang satuan.
Secara keseluruhan adalah "Prajurit Yonif 321 / Galuh Taruna adalah Prajurit yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas, berjiwa kesatria dan sanggup melindungi seluruh wilayah neagara ".