Yonif 300/Raider


Batalyon Infanteri 300/Raider Kodam III/Siliwangi adalah sebuah pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sebelumnya bernama Yonif 327/Brajawijaya.
Yonif 300/Raider mempunyai moto "Cepat, Senyap, Tepat". Artinya, di dalam menghadapi dan mendekati sasaran musuh, bergerak secara senyap dengan menyelesaikan pertempuran dengan cepat dan menghancurkan sasaran secara tepat di segala medan pertempuran.
Semboyan Yonif 300/Raider adalah "Ngaguyub sa awi wulung, Ngahiji sa kai jati". Artinya, rapat berhimpun seperti bambu hitam dan satu suara dalam menentukan arah bergerak seperti kumpulan bambu hitam yang tertiup angin satu ke kiri semua ke kiri dan satu ke kanan semua ke kanan. Yonif 300/Raider beranggotakan 747 prajurit membawahi 5 kompi, yaitu 3 kompi senapan, kompi bantuan, dan kompi markas. Masing-masing kompi beranggotakan rata-rata 146 prajurit.

Sejarah
Didirikan 9 Mei 1960 di lapangan Pangalengan dengan nama Yonif 327/Jaya Yudha oleh Pangdam Siliwangi R.A. Kosasih. Komandan Yonif pertama adalah Kapten Inf. B.A. Simamora.
Tanggal 21 Maret 1963 Yonif 327/Jaya Yudha menjadi organik Brigade Infanteri-12. Tanggal 20 Mei 1963 Yonif 327 menerima tunggul Brajawijaya dari Yonif 302 yang dibekukan keberadaannya. Perubahan nama Yonif 327/Brajawijaya ke Yonif 300/Raider terjadi pada tanggal 31 Desember 2003. Ketika itu, Pangdam III/Siliwangi melalui surat keputusan No. Skep/289-03/XII/2003 membekukan Yonif 327/Brajawijaya. Selanjutnya, mengesahkan pembentukan Yonif 300/Raider.


BERITA

Letkol Inf Semuel Jefferson Aling, Jabat Danyonif 300/Raider
Kasdam Terima Laporan Korps dan Sertijab  Pejabat Jajaran Kodam III/Slw
29 Pebruari 2012-
Kasdam III/Slw Brigjen TNI Sudirman Kadir, pada prosesi sertijab Danyonif 300/Raiders dari Letkol Inf Hendi Antariksa kepada Letkol Inf Semuel Jefferson Aling.

Jabatan adalah amanah yang harus dapat dipertanggungjawabkan, baik kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa, maupun kepada satuan, bangsa dan Negara, dedikasikanlah segenap kemampuan yang dimiliki untuk mengembangkan satuan masing-masing, sehingga dapat mendukung keberhasilan tugas pokok komando atas.
Demikian  ditegaskan Pangdam III/Slw Mayor Jenderal M. Munir pada amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam III/Slw Brigjen TNI Sudirman Kadir pada acara Tradisi dan Laporan Korps Sertijab Staf Ahli Pangdam Bidang Manajemen Sishankamneg, Bidang Hukum Humaniter dan Kakumdam III/Siliwangi yang dilanjutkan dengan serah terima Danyon 300 Raider yang dilaksanakan di R Sudirman Makodam III/Slw, Jl Aceh 69 Bandung, Rabu (29/2)
Staf Ahli Pangdam Bidang Manajemen Sishankamneg Kolonel Inf Tjoek Hadi Priosanjoto di gantikan Kolonel Inf Kemal Syahriel , Staf Ahli Pangdam Bidang Hukum Humaniter Kolonel Inf Herry Sartono di gantikan Kolonel Inf Imam Sugiri, dan Kakumdam III/Slw Kolonel Chk Markoni digantikan oleh Kolonel Chk Alan S, serta Danyonif 300 Raider Letkol Inf Hendi Antariksa digantikan oleh Letkol Inf Semuel Jefferson Aling.
Selanjutnya Pangdam berharap untuk kehadiran para Perwira baru agar semakin menambah energi positif dan ide-ide baru yang mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan organisasi, serta memberikan gairah dan semangat pembaharuan serta semangat untuk terus maju pada setiap pejabat, melalui pengabdian yang terbaik, sesuai dengan tugas, peran dan fungsi masing-masing guna tercapainya tugas pokok Kodam III/Siliwangi.
Hadir pada acara tersebut, antara lain para Danrem, para Asisten, para Dansat /Kabalak jajaran Kodam III/Slw  serta Ketua dan pengurus Persit KCK PD III/Siliwangi. (Pendam III/Slw)