Yonif 203


Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning atau Yonif Mekanis 203/AK merupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berada dibawah Komando Brigif 1/Jaya Sakti, Kodam Jaya. Markas batalyon berkedudukan di Jl. Gatot Subroto KM 6, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Sejarah
Sebelumnya batalyon ini adalah bagian dari Kodam III/Siliwangi. Pada 1 Januari 1964 dimasukkan ke administratif Kodam Jaya berdasar SKEP Pangdam Siliwangi No 128-2/II/1963 tanggal 26 Desember 1963. Awal pendirian adalah Order Panglima No 1447/IV/SLW/1950 dan Order PM I Jawa Barat No. 006 menunjuk Komandan KMK Jatinegara Kapten Daan Anwar sebagai formatur pendirian batalyon dengan materi dari kompi pengawal sebanyak 7 kompi. Pada 21 Oktober 1950 menerima penyerahan Kompi Fakhrudin dan Junaedi dan kompi lain menjadi Batalyon C. Desember 1950 Batalyon C berganti nama Batalyon 320/C Brigade PMT. Desember 1951 Batalyon 320 masuk ke Brigade E. Tanggal 5 Oktober 1954 nomor batalyon diubah menjadi Yonif 325 berdasar SKEP KSAD No 302/KPTS/1954 tertanggal 30 April 1954.
Yonif 203/Arya Kemuning telah berubah status menjadi Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning berdasarkan Peraturan Kasad Nomor : Perkasad/3/I/2012 tanggal 24 Januari 2012, satuan infanteri ini kemudian dilengkapi denagn Kendaraan Tempur (Ranpur) 6X6 jenis Pindad Anoa buatan PT. Pindad.

Satuan
Kompi Mekanis 1 adalah salah satu pasukan pemukul dari Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning yang memiliki semboyan Satria, Perkasa, Handal yang dipimpin oleh Kapten Inf Evid Nirwan Edwar, S.H lulusan Akademi Militer TA. 2003.
Kompi Mekanis 2 merupakan salah satu kompi tempur dibawah Yonif Mekanis 203/AK, dan memiliki kedudukan, tugas serta fungsi yang relatif sama dengan kompi-kompi lainnya. Kompi Mekanis 2 memiliki tugas pokok untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Yonif Mekanis 203/AK yaitu melaksanakan operasi tempur & tugas pengamanan di darat dengan menggunakan ranpur lapis baja sebagai alutsista dalam rangka menunjang tugas Brigif 1 PAM Ibukota/Jaya Sakti Kodam Jaya/Jayakarta. Dalam melaksanaan tugas, Kompi Mekanis 2 berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning. Demikian juga visi dan misi Kompi Mekanis 2 adalah mewujudkan dan menunjang keberhasilan visi dan misi Yonif Mekanis 203/AK. Organisasi Kompi Mekanis 2 berpedoman pada Top Roi Mekanis, dengan komposisi 100 Orang yang terdiri dari Kelompok Komando Kompi dipimpin oleh 1 Orang Komandan Kompi dan 3 Peleton Mekanis. Dengan organisasi tersebut Kompi Mekanis 2 memiliki alutsista berupa 1 unit Ranpur Komando jenis Anoa 6x6 buatan Pindad dan 12 unit ranpur AP jenis Anoa 6x6 buatan Pindad
Kompi Mekanis 3 dipimpin oleh Lettu Inf Samil Fuddin Akmil Ta. 2006 Kompi Mekanis 3 berjumlah 98 orang terdiri dari 4 perwira, 15 bintara dan 79 tamtama saat ini Kompi Mekanis 3 sedang melaksanakan tahap pembangunan saung kompi yang berada di samping kanan Kompi Mekanis 3 yang dikerjakan oleh para Prajurit Kompi Mekanis 3 yang dilaksanakan secara bersama-sama dan swadaya
Kompi Markas adalah salah satu kompi dari lima kompi yang ada di dalam kesatuan Yonif Mekanis 203/AK. Dengan tugas pokok sebagai unsur pelayan dalam mendukung tugas operasional Yonif Mekanis 203/AK. Kompi Markas di pimpin oleh seorang perwira berpangkat Kapten dalam hal ini di Jabat oleh Kapten Inf Satori Sumak. Dalam rangka meningkatkan pelatihan dan profesionalitas khususnya anggota Yonif Mekanis 203/AK saat ini Kompi Markas sedang membangun Lapangan Tembak Pistol. Semboyan Jujur dan Pantang Menyerah senantiasa menjadi pedoman dalam setiap kegiatan anggota Kompi Markas
Kompi Bantuan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning merupakan satuan terkecil dari Batalyon yang memiliki keistimewaan senjata batuan yg terdiri dari Morse atau yang lebih dikenal dengan Senjata Lintas Lengkung Mortir 81 Tampela dan Sejata Lintas Datar berupa SLT (Senjata Lawan Tank) serta 1 (Satu) Regu Bakduk (Penembak Runduk). Kompi Bantuan merupakan kompi pendukung yang bertugas memberikan tembakan BANTEM (Bantuan Tempur) dan menganggu kosentrasi musuh saat anggota Regu Kompi Mekanis bergerak untuk menghancurkan musuh tersebut. Kompi Bantuan dipimpin oleh seorang Komandan Kompi (Danki Bant) yang berpangkat Kapten. Akan tetapi untuk saat ini karna keterbatasan personil, maka Kompi saat ini dipimpin oleh Letnan Satu senior atas nama Letnan Satu Infanteri Noval Darmawan abiturien AKMIL Tahun 2005. Beliau membawahi 67 anggota yang terdiri dari 2 Danton (Letnan), 19 Bintara (Sersan) dan 46 Tamtama (Prajurit–Kopral), yang memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai jabatan mereka masing-masing. Para anggota Kompi terbagi menjadi 2 Pleton (Morse dan SLT), 1 Regu Bakduk dan 1 Komando Kompi (Koki) atau unsur pelayan Kompi.
sumber, https://id.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Infanteri_Mekanis_203