Yonif 142


Batalyon Infanteri 142
Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya atau Yonif 142/KJ merupakan Batalyon Infanteri yang berada dibawah komando Korem 042, Kodam II/Sriwijaya. Markas Batalyon ini berkedudukan di Kota Jambi, dengan Kompi Senapan A di Sei Kambang, Telanaipura, dan Kompi Senapan C di Kabupaten Sarolangun.
Sumber, http://id.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Infanteri_142


BERITA

Letkol Inf Rudi Puruwito, jabat Danyonif 142/KJ
SERAH TERIMA JABATAN DANYONIF 142/KJ
25 juli 2011-
Alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat, merupakan hal yang biasa terjadi, namun mempunyai arti penting yang bernilai strategis. Proses ini merupakan bagian dari pembinaan organisasi dan kaderisasi serta kesinambungan kepemimpinan dalam organisasi TNI Angkatan Darat. Hal itu sekaligus bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan kemampuan manajerial serta profesionalitas keprajuritan. Hal itu disampaikan Danrem 042/Gapu, Senin, 25 Juli 2011. Danrem 041/Gapu mengatakan, bahwa dalam waktu dekat Yonif 142/KJ akan bertugas sebagai Satgas Pam Tas Ops Papua 2011. Untuk itu kepada Dan Yonif 142/KJ serta prajurit Yonif 142/KJ yang sudah dipersiapkan terpilih, saya perintahkan untuk mengkonsentrasikan dan mempersiapkan diri dengan baik. Tingkatkan terus profesionalitas prajurit, terutama kemampuan adaptasi di daerah operasi. Jaga soliditas satuan dan kekompakan prajurit, serta sikap dan tingkah laku sebagai prajurit yang memegang teguh Sapta Marga, Sumpah prajurit dan 8 Wajib TNI. Resapi dan tanamkan bahwa dalam penugasan yang akan dilaksanakan nanti merupakan kebanggan tertinggi bagi seorang prajurit yang memiliki jati diri sebagai prajurit rakyat, prajurit pejuang, prajurit Nasional dan prajurit Profesional.
Lebih lanjut Danrem juga memerintahkan kepada unsur tinggal pasukan yang tidak terlibat dalam penugasan operasi, dalam hal ini bertindak sebagai Korum. Laksanakan mekanisme kehidupan di pangkalan dengan baik dan benar. Pengawasan terhadap pangkalan dan keluarga prajurit serta penyelenggaraan administrasi satuan tetap harus berjalan sesuai program satuan dan mengacu pada petunjuk dan arahan Komando Atas. Karena sedikit saja maalah yang terjadi di basis, akan sangat mempengaruhi konsentrasi pasukan yang melaksanakan tugas di medan operasi. Untuk itu semua ketentuan yang berlaku di pangkalan, baik berupa tindakan pengamanan, urusan Dinas Dalam, maupun prosedur perijinan anggota dan keluarga prajurit, harus diberlakukan dengan tegas dan ketat. Hal itu tidak lain bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di satuan, serta menghindarkan sauan dari timbulnya kerugian, baik materiil, personel maupun kerugian moril yang akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan tugas prajurit di daerah operasi.
Demikian Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Yudhie Karsono, S.E., M.M., dalam amanatnya selaku Irup pada upacara Sertijab Danyonif 142/KJ dari Letkol Inf Yanto Kusno Hendarto kepada Letkol Inf Rudi Puruwito,  Senin, 25 juli 2011 bertempat di Mako Yonif 142/KJ, Jambi.
Hadir dalam acara tersebut, Gubernur beserta unsur FKPD Prov. Jambi, Walikota Jambi beserta unsur FKPD Kota Jambi, Ketua DPRD Prov. Jambi, Kasrem 042/Gapu, Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 beserta Pengurus dan anggota, para Pejabat Korem 042/Gapu, para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda beserta Tokoh Masyarakat.